19.5.12

Memantau apa saja dengan GPS (2)

Dalam kenyataannya kita tidak bisa begitu saja menggunakan kecepatan gelombang elektromagnetik karena di permukaan bumi terdapat atmosfer (tidak vakum) yang dapat memperlambat transmisi sinyal. Kecepatan yang sebenarnya bisa didapat dengan menggunakan model-model matematika yang sudah memperhitungkan berbagai faktor yang mempengaruhi.

Receiver dapat diletakkan di berbagai peralatan elektronik seperti handphone, jam tangan, mobil, laptop, dan lain-lain. Satu hal yang perlu diperhatikan, SV mengorbit pada ketinggian 20.200 km dari permukaan bumi. Jarak jauh yang harus ditempuh sinyal ini menyebabkan sinyal yang diterima receiver sangat lemah. Ini berarti kita harus selalu berada di tempat yang relatif terbuka supaya sinyal dapat diterima tanpa banyak halangan. Penggunaan teknologi ini sangat luas, terutama dalam hal navigasi. Bagi mereka yang sering tersesat, ada baiknya selalu membawa receiver yang setiap saat bisa menunjukkan lokasi/posisi bagaikan peta (misalnya membawa handphone atau memakai jam tangan yang memiliki receiver sinyal GPS).

Teknologi ini tidak hanya menunjukkan posisi, tetapi dapat pula digunakan untuk menunjukkan alur yang sudah ditempuh selama perjalanan. Jadi, kalau tersesat, kita bisa mengetahui jalan untuk kembali ke tempat semula. Ini sangat membantu kita untuk berkelana ke tempat-tempat asing. Penggunaannya dalam militer lebih luas lagi. Seperti kisah yang diangkat dalam film Enemy of The States, orang yang menjadi incaran (Robert Dean) benar-benar tidak bisa sembunyi. Tentu saja ada beberapa hal (adegan) yang tetap merupakan fiksi belaka dalam film itu, tetapi secara keseluruhan, teknologi GPS ini benar-benar ada dan sudah dimanfaatkan secara luas di dunia. (Yohanes Surya)


sumber : Blog Prof.Yohanes Surya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar