19.5.12

Melihat Atom

Melihat Atom Apa maksudnya melihat atom?

Misalkan Anda mencoba menggunakan mikroskop optik paling kuat di dunia untuk melihat atom. Apa yang akan terjadi? Anda mungkin hanya akan mandapat pantulan cahaya dari atom dalam mikroskop Anda. Cahaya memiliki sifat gelombang, jadi bayangkan gelombang cahaya menyinari sebuah atom. Panjang gelombang cahaya tampak adalah sekitar sepuluh ribu kali panjang dari atom itu sendiri.

Untuk membantu memikirkan hal ini, mari kita beralih ke berpikir tentang gelombang air yang bergulir di di pantai. Jika Anda berdiri di tepi pantai, gelombang menggulung melewati anda, anda tidak akan berdampak apapun pada gelombang tersebut. Hampir tidak ada energi gelombang dipantulkan. Itu karena ukuran tubuh Anda sangat jauh lebih kecil dari panjang gelombang dari gelombang air. Gelombang bergerak dengan seolah-olah Anda tidak ada di sana, sehingga refleksi gelombang air tidak akan mengungkapkan adanya seseorang di dalam air.

Panjang gelombang cahaya tampak adalah sekitar 10-6 m (sama dengan 103 nm), seperti yang ditunjukkan dalam gambar. Ukuran atom khas adalah sekitar 10-10 m, yang 10.000 kali lebih kecil dari panjang gelombang cahaya. Karena atom jauh lebih kecil dari panjang gelombang cahaya tampak, jadi jika anda mengamati atom dengan mikroskop optik maka tidak akan mendapatkan hasil.

Bagaimana dengan radiasi seperti cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih pendek? Panjang gelombang sinar-X adalah memiliki ukuran yang hampir sama seperti atom, tetapi sinar-x terbentuk dari materi yang membentuk pola kompleks yang juga tergantung pada susunan pada atom tersebut. Analisis pola-pola ini menunjukkan banyak informasi penting tentang bentuk sebuah kristal, tapi sinar-x tetap tidak dapat menunjukkan suatu bentuk sebuah atom.

sumber : physicscentral.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar