19.5.12

Dunia Nyata atau Maya (1)

Teknologi memang membuat kita mampu melihat segala hal yang biasanya tersembunyi dari pandangan mata normal manusia. Tetapi jangan salah sangka, teknologi ini bukan ditujukan untuk 'mengintip'. Karena yang ditampilkan di kacamata canggih itu bukan dunia nyata, melainkan tampilan grafik yang bersifat maya (virtual). Apa maksudnya ini? Mari kita 'mengintip' kedahsyatan teknologi yang dikenal sebagai Augmented Reality!

Augmented Reality (AR) berada di antara dunia nyata (real environment) dengan dunia maya (virtual environment). Kita semua tahu keindahan dunia nyata yang kita lihat melalui kedua mata kita tidak pernah bisa ditandingi oleh kehebatan teknologi yang menawarkan tampilan gambar, secanggih apa pun teknologi tersebut. Setinggi apa pun resolusi gambar di layar monitor maupun pada rekaman film DVD (Digital Versatile Disc) yang ditampilkan pada layar datar, atau bahkan ketajaman gambar di bioskop dengan layar lebarnya, tetap saja semuanya tidak bisa menggantikan kenikmatan pemandangan dunia yang sebenarnya. Itulah sebabnya dunia nyata kini mulai 'digabungkan' dengan dunia maya. Dunia maya tidak pernah bisa seindah dunia nyata, tetapi dunia nyata terkadang memasang batasan-batasan yang tidak bisa ditembus oleh mata normal manusia. Karena itulah keduanya kini disatukan dalam teknologi AR yang mulai merebak di awal abad ke-20. Dengan AR kita bisa melihat hologram di dunia nyata, bukan hanya di laboratorium. Saat kita sedang berjalan-jalan di ruang terbuka untuk menikmati pemandangan alam, kita bisa melihat panduan-panduan berupa gambar-gambar semacam hologram pada berbagai tempat yang kita lewati. Dan tentu saja aplikasi paling hebat bisa dirasakan dalam dunia kesehatan. Para dokter bisa melihat jaringan-jaringan otak pasiennya tanpa memerlukan kamera dan layar monitor tambahan.

Jaringan otak yang mereka lihat itu bukan jaringan otak yang sebenarnya, tetapi hanya merupakan grafik tiga dimensi yang dikonstruksi oleh komputer. Pergerakan pisau bedah pun bisa terus dipantau tanpa membutuhkan kamera. Hanya dengan kacamata yang sudah dilengkapi teknologi AR mereka bisa mendapatkan gambar tiga dimensi yang sangat berguna dalam proses bedah otak yang rumit itu. Bagaimana cara kerja teknologi canggih ini?
[bersambung ke " Dunia Nyata atau Maya (2)"]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar